Jumat, 10 Juli 2015

Tips Menjaga Kesegaran Tubuh di Bulan Ramadhan

Tips Menjaga Kesegaran Tubuh di Bulan Ramadhan

KESEHATAN Kesehatan
 

tips-menjaga-kesegaran-tubuh-di-bulan-ramadhanilustrasi

Selama menjalankan ibadah di bulan Ramadhan, tubuh akan beradaptasi dengan suasana baru. Misalnya harus bangun dini hari untuk sahur, lalu berpuasa hingga saat maghrib tiba. Begitu pula dengan cara dan menu makan tidak bisa sembarangan. Pasalnya, kebiasaan makan yang salah bisa membuat gangguan kesehatan. Misalnya langsung tidur usai sahur atau makan terlalu banyak kala berbuka puasa.

Untuk itu, bulan puasa yang akan hadir sebentar lagi juga menjadi ujian bagi seseorang untuk mampu mengendalikan kesehatan. Sebenarnya puasa sangat bagus bagi tubuh dalam melakukan proses "penyegaran". Ditunjang dengan kebiasaan yang benar akan menjadikan puasa sebagai ibadah, sekaligus masa yang tepat agar tubuh makin prima.

Menjaga kebugaran tubuh selama Ramadhan sangat penting. Beberapa tips yang bisa dilakukan yaitu sebagai berikut:

1. Sahur
Lakukan makan sahur di akhir waktu. Pilih makanan yang memiliki kandungan protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Jangan lupakan juga serat dari sayur atau buah-buahan. Nutrisi tetap harus seimbang selama berpuasa. Selain itu, konsumsi air putih sesuai kebutuhan tubuh agar tidak dehidrasi di waktu berpuasa. Hindari langsung tidur usai sahur karena bisa menyebabkan refluks asam.
 
2. Buka puasa
Ketika buka puasa tiba, minum air putih atau air hangat. Makan dahulu kudapan ringan seperti kurma atau camilan sehat lainnya dan tidak perlu buru-buru. Makan besar bisa dilakukan setelah shalat maghrib. Kurangi makanan yang digoreng. Setelah buka puasa juga hindari untuk tidur.
   
3. Jangan lupa beraktivitas fisik
Agar tubuh tetap bugar, Anda tetap perlu menggerakkan badan. Hanya saja perlu diatur waktu dan beban olahraga yang dilakukan. Anda bisa berolahraga menjelang buka puasa atau malam harinya. Hindari olahraga berat dan ganti dengan yang sederhana seperti jalan kaki, senam, atau joging. Sempatkan pula untuk selalu shalat tarawih. Gerakan shalat juga menjadi pilihan untuk aktivitas fisih agar tubuh tetap bugar di bulan Ramadhan. (ang) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar